xxx

Sabtu, 20 Juli 2013

Cara Kerja Mesin Ball Mill dan Harga/Jenisnya

Cara Kerja Mesin Ball Mill dan Harga/Jenisnya. Sejatinya, mesin Ball Mill sendiri adalah mesin yang digunakan untuk melumatkan atau menghancurkan suatu material menjadi partikel yang lebih kecil atau dalam bentuk bubuk halus dengan bantuan bola yang menggelinding dalam tabung yang terus berputar yang waktunya diatur atau ditentukan dari orang yang mengoperasikan alat mesin tersebut. Itulah sebabnya mesin ini menggunakan kata 'ball' yang berarti bola sebab dalam pengerjaannya menggunakan bola untuk membantu proses penggilingan dengan menggunakan tabung.

Dalam prakteknya mesin ball mill biasa digunakan untuk industri yang tergolong besar dengan produksi bahan seperti semen, besi, galangan batu, kaca, pupuk, porselen, bahan tahan api dan bahan kimia lainnya yang memiliki tingkat kekerasan tinggi yang hanya cocok jika dihancurkan atau digrinding menggunakan alat Ball Mill. Akan tetapi, dalam industri skala kecil terkadang alat ini juga digunakan, sekalipun dalam bentuknya yang lebih kecil atau mini. Khusus untuk jenis yang kecil disebut Planetary Ball Mill. Biasanya digunakan untuk produksi bahan yang sedikit atau untuk uji coba tertentu. Misalnya di laboratoium untuk menguji suatu material.

Prinsip Cara Kerja Mesin Ball Mill

Alat bernama ball mill ini mempunyai bentuk tabung dengan 2 bagian tempat menyimpan material dengan bentuk horizontal. Untuk dalamnya, mesin bekerja pada 2 roda yang ada di ke2 sisinya. Bahan keras yang akan dihancurkan secara spiral disimpan pada wadah penyimpanan pertama. Pada wada tersebut sudah terpasang ripple scaleboard serta steel ball yang terdapat beragam jenis di pasaran. Ketika mesin ball mill ini berjalan, bagian badan barel akan terputar. Dengan terputarnya badan barel ini maka steel ball ikut bergerak disebabkan gaya sentrifugal yang terus terjatuh dan mengakibatkan bahan keras yang ada di dalam mesin ini tergiling dan hancur perlahan setelah berkali-kali mengalami tumbukan.

alat mesin ball mill
Gambar Ball Mill by Wikipedia

Berdasarkan pada ada pada wadah penyimpanan kesatu di atas, setelah material mengalami proses penghancuran maka bahan hasil gilingan kemudian masuk lagi pada wadah penampungan ke-2. Nah, di wadah penampungan yang ke-2 ini, bahan-bahan tadi mengalami proses penghancuran kembali dengan scaleboard serta steel ball. Dengan selesaianya sistem kerja yang ke-2 ini maka selesai sudah prosesnya, dan tinggal di ambil dan simpan di wadah penyimpanan lainnya agar material yang belum tergiling bisa menjalani proses yang sama seperti awal kerja di atas hingga selesai.

Jenis dan Harga Mesin Ball Mill

Jenis yang dimaksud di sini adalah jenis dari segi proses dan peruntukannya. Untuk proses grinding jenisnya dikenal ada dua yaitu dengan sistem basah dan sistem kering. Untuk hasil yang lebih maksimal, industri besar umumnya menggunakan cara ini. Dan adapun jenis dari segi peruntukannya ada yang untuk skala industri besar dan ada pula yang untuk usaha atau penelitian material yang dalam skala kecil. Seperti di sebutkan di atas bahwa yang biasa menggunakan alat dengan ukuran yang lebih kecil misalnya laboratorium untuk melakukan pengujian dan memperoleh data dari hasil grinding. Sedangkan alat dengan ukuran yang lebih besar yang digunakan industri besar misalnya pabrik semen untuk menghancurkan bahan baku pembuatan semen dan sebagainya. Lihat contoh gambar mesin di bawah ini :

Planetary Ball Mill (Grinding Mill Machine Picture by Wikipedia)
Gambar Ball Mill Industrialcrushing.com
Dua gambar di atas terlihat jelas perbedaannya, yang satu tampak sangat kecil kerena diperuntukkan hanya untuk sekedar uji coba atau material dalam skala yang sangat sedikit seperti percobaan di lab dan sebagainya. Sedangkan grinding mill yang ke-2 ukurannya jauh lebih big karena memang digunakan untuk membuat bubuk material atau yang lebih dikenal dengan mesin penepung untuk memproduksi produk dalam jumlah banyak sekaligus sebagaimana dicontohkan di atas.

Mengenai harga, dari pengamatan kami terhadap pasar saat ini umumnya perusahaan yang menjual atau pembuatnya lebih cenderung untuk melakukan komunikasi langsung lewat telepon sehingga tidak mencantumkan harganya sama sekali, baik yang produsen asal surabaya maupun dari importir barang cina. Alasannya mungkin agar segala kelebihan barangnya bisa langsung dijelaskan secara terperinci dan juga bisa dilakukan negosiasi harga dengan lebih intens. Tapi setelah mencari-cari akhirnya ketemu beberapa harga di bawah ini :

Berdasarkan Spesifikasi :

Misalnya saja untuk alat menambang emas, dengan cara men-grinding bahan batu emas sampai ukuran kurang lebih 200 mesh dengan menggunakan sistem kontinyu yang bermuatan sekitar 100kg bahan material biasanya dibandrol seharga Rp. 60-jutaan. Adapun yang kemampuan kerjanya mencapai 600 ratusan hingga 1000 kg / jam dipasaran kami menemukan ada yang seharga Rp.175.000.000 dengan gambar seperti di atas yang warna kuning tapi dengan ukuran yang berbeda.

Ada juga yang buatan dari jepang Kapasitas yang mencapai 2 Ton untuk sekali kerja, dengan ukuran panjang190 cm, dan  ukuran lebar 190 cm, dibandrol dengan Harga Rp. Rp. 150.jutaan per mesinnya.



Beda lagi dengan yang kita kenal dengan Hammer Mill yang biasa digunakan untuk menghancurkan batuan yang mengandung emas harganya di kisaran Rp. 23,5 juta dengan spesifikasi pada ukuran Feedingnya sekitar max 150 mm. Sedangkan kapasitasnya bisa mencapai lima ratus kg per jam dan motor yang belum termasuk di dalam harga tersebut adalah 18,5 Kw. Dan yang lebih perlu diperhatikan lagi adalah pada tebal plat besi yang dipakai mencapai 120mm, jadi lebih tahan lama dan stabil dalam pemakaiannya

mesin hammer mill emas

Demikian Cara Kerja Mesin Ball Mill dan Harga/Jenisnya di atas. Semoga kunjungan anda berkesan dan memberi manfaat yang banyak. Yang perlu diperhatikan ketika ada yang menjual atau waktu mau membeli barang industri semacam ini adalah spesifikasi tiap bahan yang digunakan dan hasil kerjanya. Dan ada baiknya ketahui dulu testimoni dari pengusaha lainnya yang telah membuktikan keunggulannya, kalau sudah ada beberapa yang telah memberikan pernyataannya mengenaik kualitasnya dengan tanggapan positif tentu sudah bisa jadi pertimbangan untuk memutuskan membeli atau tidak. Tapi itu saja belum cukup, terkadang harus paham betul antara kesesuaian material yang akan dihancurkan atau dibuat seperti tepung dengan jenis alatnya juga harus pas agar hasilnya bisa sempurna. Semoga tips ini membantu. Baca juga daftar harga mesin lainnya di rubikasblog berikut :
  1. Harga Mesin Kopi
  2. Harga Mesin Ayakan Pasir
  3. Harga Mesin Paving Block dan Batako
  4. Harga Mesin Kompos (Penghancur/Mixer/Pengayak Kompos)

Cara Kerja Mesin Ball Mill dan Harga/Jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Video Lucu Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar