xxx

Minggu, 06 Oktober 2013

Jenis zat kimia dalam kosmetik

Zat-zat kimia berbahaya dalam kosmetik - Seperti yang kita tahudi era sekarang tidak ada yang tak luput dari penggunaan zat kimia. Misal saja bahan makanan, minuman dan kosmetik pun banyak menggunakan bahan kimia. Kita pasti tahu bahwa banyak sekali merk-merk kosmetik menggunakan bahan kimia. Dan parahnya banyak sekali kosmetik-kosmetik yang menggunakan bahan kimia terlarang yang dapat menimbulkan efek samping bagi para konsumen. dari efek samping paling ringan yaitu alergi, sampai yang terparah dapat menyebabkan kanker karena zat kimia tersebut bersifat karsinogen.

Zat-zat kimia berbahaya dalam kosmetik

Zat-zat kimia berbahaya dalam kosmetik
Zat-zat kimia berbahaya dalam kosmetik
Yang pertama yaitu Paraben: Senyawa yang memiliki nama lain parahydroxybenzoic atau lebih dikenal dengan sebagai pengawet dalam mie instant.  Paraben ini punya efek samping jika digunakan melebihi ambang batas. Di dalam tubuh akan memicu ketidakseimbangan yang bisa meningkatkan risiko kanker. Dalam kosmetik, paraben sering digunakan sebagai campuran sabun, shampo, pasta gigi dan deodoran. Meski jarang terjadi, kontak langsung dengan kulit pada orang yang sensitif juga bisa menyebabkan alergi . 

Imidazolidinyl Urea dan Diazolidinyl Urea: Kedua zat kimia ini merupakan pengawet yang digunakan selain Paraben. Kandungan utamanya ialah formaldehyde atau formalin yang seringkali dipakai untuk mengawetkan jenazah. kedua bahan ini mampu mengawetkan komposisi kosmetik, namun terbukti berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Phthalate: Bahan ini dugunakan dalam pembuatan plastik untuk memberi sifat elastis atau lentur. Dampaknya jika terhirup atau tertelan dalam kadar tertentu dapat memicu gangguan asma dan alergi. Dalam kosmetik, phthalate digunakan sebagai pelarut tambahan dalam produk wewangian. 

Nah berbagai produk disekitar kita yang kita gunakan setiap hari ternyata mengandung berbagai jenis-jenis zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita. Maka dari itu perlu lebih berhati-hati dalam memilih khususnya pada penggunaan kosmetik.

Jenis zat kimia dalam kosmetik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar