xxx

Rabu, 26 Juni 2013

Cara Kerja www (dari Klik hingga ke DNS Server)

Cara Kerja www (dari Klik hingga ke DNS Server) memang hanya ilmu dasar, tapi sayang kalau kita pengguna internet tapi tidak tahu ilmu dasar seperti ini. Tiga huruf yang diketik berulang ini (www) sebenarnya adalah sebuah singkatan dari World Wide Web atau kalau mau diartikan dalam bahasa Indonesia sederhana maka artinya adalah jaringan luas dunia. Maksud dan tujuan pembuatannya mempunyai sejarah yang jelas yang bisa kita ketahui.

Beberapa hal yang akan kita ketahui dari cara kerja www ini adalah di antarnya terlebih dahulu kita mengenal sejarah www, kemudian diagram proses kerjanya hingga penjelasan dari sistem kerja www itu sendiri serta perkembangan www dalam dunia Internet dewasa ini.

Sejarah www

Dari singkatannya kita bisa mengetahui bahwa www diciptakan pertama kali untuk kebutuhan berselancar di internet, yaitu sebagai peramban suatu website. Namun, karena ia adalah peramban web pertama yang dibuat oleh Tim Berners-Lee, tepatnya pada 26 Februari 1991, sehingga begitu sangat terkenal dan paling mashur hingga saat ini. Sistem www sendiri berjalan dengan platform NeXTSTEP.

Alur / Cara Kerja www

Cara Kerja www
Gambar oleh Eridekstop.com
Cara kerja pertama kali adalah seseorang menggunakan suatu komputer atau pun perangkat terbaru seperti Tablet atau Android dan selainnya yang terkoneksi dengan internet, kemudian ia menggunakan salah satu aplikasi browser seperti mozilla firefox atau google chrome, lalu mengetikkan suatu alamat website dengan menggunakan www, misalnya www.blogger.com, maka selanjutnya tugas registarlah yang bekerja memerintahkan DNS server untuk menemukan alamat situs www.blogger.com.

Cara kerja selanjutnya adalah setelah DNS server menemukan alamat situs yang dicari, selanjutnya ia meminta kepada hosting server untuk menampilkan file-file yang diminta oleh pengguna internet tersebut. Dan terakhir, adalah tugas dari browser untuk menerima dan menampilakan file file yang diminta yang terlebih dahulu diterjemahkan kode-kodenya agar tapilan filenya sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan oleh pengguna internet.

Jadi, sebenarnya sangat simple Cara Kerja www (dari Klik hinggake DNS Server), hanya saja sistem tersebut akan berjalan jika setiap langkahnya tidak satu pun kode atau program yang error, karena jika terjadi 1 kesalahan saja maka sistem kerja akan terputus sampai pada pross yang salah tersebut dan tidak melanjutkan pada tingkat eksekusi dari apa yang dikehendaki pengguna internet. Misalnya saja ketika bandwidth suatu website di batasi dan telah sampai batas penggunaannya, maka situs yang ingin dilihat tidak akan tampak melainkan pesan dari provider hosting bahwa situs tersebut di-suspend karena telah melebihi kuota yang telah ditentukan. Baca juga rubikasblog lainnya Cara Dapat Domain Gratis dan Cara Membuat Website Dot Com Gratis dan Cara Pakai Jilbab Modern Pashmina dan Cara Download Video dari Youtube dan Cara Membuat Kue Kering Lebaran (Coklat / Keju)

Cara Kerja www (dari Klik hingga ke DNS Server) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar